Lafaz Bacaan Doa Asyura Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Lafaz Bacaan Doa Asyura Lengkap Arab, Latin dan Artinya - Saat ini sudah mulai memasuki bulan Muharram dalam kalender islam atau bulan Sura dalam kalender Jawa. Bulan Muharram adalah bulan di awal tahun kalender Hijriah. Banyak keistimewaan dalam bulan Muharram ini. Pada bulan Muharram Allah telah menurunkan berbagai macam kemuliaan kepada kaum muslimin.

Karena itulah, saat bulan Muharram tiba, umat islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun, puasa sunnah hingga memperbanyak sedekah. Khusus pada bulan Muharram terdapat istilah Yaumul ‘Asri/Yaumil ‘Asyura yang secara bahasa berarti hari kesepuluh di bulan Muharram. Di hari ini umat islam disunnahkan untuk membaca Doa Asyura.

Kenapa disunnahkan membaca doa Asyura pada tanggal 10 Muharram?. Karena pada tanggal 10 Muharram Allah telah memberi kemuliaan kepada para Nabinya. Adapun para Nabi yang mendapat kemuliaan pada tanggal 10 Muharram adalah sebagai berikut:

1. Allah telah menerimanya taubatnya Nabi Adam as.

2. Allah telah mengangkat Nabi Idris as. ke tempat yang mulia.

3. Allah telah menyelamat Nabi Nuh as. dan kaumnya dari banjir bandang.

4. Allah telah menyelamatkan Nabi Ibrahim atas api yang membara dari pembakaran Raja Namrudz, kemudian diangkat menjadi Khalilullah (kekasih allah).

5. Allah telah menerimanya taubatnya Nabi Dawud as.

6. Allah telah menyelamatkan Nabi Musa as. dan umatnya dari kejaran Raja Fira’un. Pada hari itu juga Fir’aun ditelenggelamkan Allah ke dalam laut merah.

7. Allah telah menyelmatkan Nabi Yunus as. dan mengeluarkanya dari perut ikan.

8. Allah telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman as.

9. Allah telah mengangkat Nabi Isa ke langit.

10. Allah memberikan jaminan pengampunan pada Nabi Muhammad Saw baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

Lalu apa bacaan doa Asyura ?. Berikut ini lafadz Bacaan Doa Asyura lengkap arab, latin dan artinya:

Bacaan Doa Asyura Lengkap Arab, Latin dan Artinya



Bismillahir romaanirrohiim. Wa shollallahi ‘ala sayyidinaa muhammadin wa ‘ala alihii wa sohbihi wa sallam. Subhaanallahi mil al miizaani wa muntahal ‘ilmi wa mablaghor ridho wa zi natal’arsyi laa maljaa wa laa manjaa minallahi illaa ilaiih. Subhanallai ‘adadasysyaf’I wal witri wa ‘adada kaalimatihit taaammaati kullahaa, as alukas salaamata kullahaa bi rohmatika yaa arhamar roohimiin. Wa laa haula wa laa quwwata illa bollahil ‘aliyyil ‘adziim. Wa huwa hasbii wa ni’mal wakiil ni’mal maula wa ni’man nashiir. Wa shollallaahu ta’aala ‘alaa nabiyyinaa khoiri kholqihi sayyidinaaa muhammadin wa’alaa alihi wa sohbihi wa sallama ajma’iinn).

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya kepada-Nya. Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang. Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan Dialah yang mencukupi kami, sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, teriring keluarga dan sahabat beliau.

Demikianlah informasi tentang lafaz bacaan doa Asyura lengkap arab, latin dan artinya. Silahkan bisa kamu hafalkan dan bacalah doa tersebut pada bulan Muharram ini terutama pada tanggal 10 Muharram.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+